Kunjungan Perdana KKN UTM Di Desa Gunelap


Sekelompok mahasiswa berjumlah 15 orang datang dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) untuk berkunjung ke Desa Gunelap guna menjalankan tugas Kuliah Kerja Nyata (KKN). Hal tersebut merupakan sebuah pengalaman baru, baik bagi teman-teman mahasiswa maupun bagi masyarakat Gunelap sendiri. karena kunjungan tersebut merupakan kunjungan perdana dari KKN UTM di Desa Gunelap, kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan. Selama berada di Desa Gunelap, para mahasiswa tersebut akan menginap di kediaman Kepala Desa, Bapak Hasanuddin. kunjungan tersebut berlangsung selama 26 hari, yakni dari tanggal 10 januari hingga 4 februaru 2018. 

Pada Jumat, 12 Januari 2018, selepas sholat jum'at, KKN UTM bersama perwakilan tokoh masyarakat sedang mengadakan sharing hearing seputar rencana program kerja dari KKN UTM, yang akan dilaksanakan di Desa Gunelap.  Kegiatan sharing hearing  tersebut dilaksanakan di kediaman bapak Moh. Hasanuddin selaku kepala Desa Gunelap. Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat yang ada di Desa Gunelap. Tujuan dari kegiatan sharing hearing adalah sebagai sarana publikasi mengenai program kerja yang akan dilaksanakan oleh para mahasiswa KKN UTM kepada warga Desa Gunelap. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memberikan gambaran mengenai deskripsi program kerja dan perancanaan program kerja yang akan dilaksanakan.

            Kegiatan sharing hearing diadakan bukan tanpa alasan. Berdasarkan diskusi dengan salah satu tokoh masyarakat yakni Bapak Toyib, beliau mengatakan bahwa dalam publikasi mengenai suatu kegiatan akan lebih mudah jika disampaikan dulu kepada kepala dusun untuk selanjutnya disampaikan kepada masyarakat, karena menysesuaikan dengan lokasi Desa Gunelap yang luas  dan jarak antar rumah masyarakat yang saling berjauhan. Kegiatan ini juga digunakan sebagai sarana pengenalan dengan warga sekitar bahwa di Desa Gunelap ada pelaksanaan kuliah kerja nyata (KKN Tematik) oleh mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. 

            Selama pelaksanaan shearing hearing, acara berjalan dengan lancar. masyarakat sangat antusias dalam mengikuti acara demi acara. Di dalam acara ini peserta KKN UTM yang menjadi penanggungjawab dalam penyusunan program kerja memaparkan poin-poin penting setiap program kerja yang akan dilaksanakan di Desa Gunelap. Para peserta shearing hearing atau warga masyarakat saling mendengarkan penjelasan, kemudian warga masyarakat tersebut juga memberikan pendapat atau saran kepada mahasiswa KKN UTM sendiri dalam menyusun program kerja. Akan tetapi dari beberapa program kerja yang telah disampaikan, masyarakat senantiasa mendukung dan mau diajak bekerjasama dalam melaksanakan setiap kegiatan program kerja, karena di Desa Gunelap ini belum pernah didatangi oleh peserta KKN. Oleh karena itu, kedatangan peserta KKN UTM disambut dengan baik oleh warga masyarakat di Desa Gunelap. Masyarakat juga mengharapkan dengan adanya mahasiswa KKN UTM maka seluruh apresiasi masyarakat akan tersampaikan karena mahasiswa bertugas sebagai agent of change dan bisa menjadi penyambung lidah masyarakat.

0 komentar: