Antusias Peserta ikuti Pelatihan Pembuatan Produk Chip Jagung


Kamis (18/01) KKN 62 UTM memasuki minggu pelaksanaan program kerja yang ketiga yakni Pelatihan Pembuatan Chip Jagung. Pelatihan ini ditujukan kepada ibu-ibu warga Desa Gunelap. Acara Pelatihan Pembuatan Chip Jagung dimulai pada siang hari pukul 10.00 WIB yang ditempatkan di rumah Kepala Desa Gunelap yakni Bapak Hasanuddin. Sejumlah warga yang hadir sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan dari awal sampai akhir. Pemandu atau instruktor dalam pelatihan ini adalah saudari Larissa Fitri Anggraini dibantu dengan teman-teman pendamping KKN 62 UTM lainnya.

Pelatihan pembuatan Chip Jagung merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk melatih kreatGunelap dalam memanfaatkan budidaya jagung sebagai produk olahan makanan di bidang kewirausahaan. Sistem pelatihan ini dibagi beberapa kelompok kecil dengan satu koordinator dari KKN 62. Setelah ibu-ibu dibagi kelompok, selanjutnya akan diberi bahan-bahan olahan dan alat yang akan digunakan.

Setelah diberi panduan, setiap kelompok mulai mempraktekkannya. Langkah demi langkah telah terlalui dari mengaduk adonan bahan utama jagung, tepung sampai bahan pendukung. Adonan yang telah selesai akan digiling menjadi lempengan tipis, kemudian dicetak dengan pemotong lalu digoreng menjadi tortila. Langkah setelah digoreng, tortilla yang sudah jadi diberi varian rasa. Varian rasa tersebut diantaranya rasa keju, balado, pedas dan barbeque. Langkah terakhir adalah pengepakan (packing), berat untuk isi dalam kemasan bisa bervariasi.

0 komentar: