Kondisi Geografis Gunelap



sumber: utm.kuliahkerjanyata.id
Desa Gunelap terletak di Kecamatan Sepulu Kabupaten Bangkalan. Secara Geologi, Desa Gunelap berada di dataran tinggi atau perbukitan sehingga lingkungan sekitar desa berupa sawah atau perkebunan. Desa Gunelap memilki kondisi iklim yang tropis dengan curah hujan yang berbeda tiap bulannya dalam satu tahun. Rata-rata curah hujan Desa Gunelap adalah 16,19 mm/hari. Desa Gunelap berbatasan dengan beberapa desa di kecamatan sepulu seperti Desa Saplasah, Desa Tanagura Barat dan Desa Tanagura Timur.

Luas Desa Gunelap adalah 9,97 km2. Desa Gunelap memiliki empat dusun yaitu Dusun Gunelap Timur, Dusun Barat Leke, Dusun Timur Leke, dan Dusun Takotah. Sebagian besar wilayah Desa Gunelap adalah sawah sehingga sebagian besar penduduk Desa Gunelap bermata pencaharian sebagai petani. Potensi pertanian di desa ini cukup beragam dengan komoditas jagung sebagai primadona utama potensi desa.     

Sedangkan untuk populasi penduduk di Desa Gunelap tergolong padat dibandingkan desa lainnya di Desa Gunelap jumlah penduduk pada tahun 2017 sebanyak 3.298 jiwa terdiri dari 1.511 laki-laki dan 1.787 jiwa perempuan. Dengan jumlah kepala keluarga yaitu 921 KK. Berdasarkan tingkatan umur dapat diketahui dari uraian diatas. 

Jumlah keluarga yang melahirkan lebih tinggi dibanding dengan jumlah kematian. Jumlah yang melahirkan sebanyak 22 anak dengan rincian 13 anak berjenis kelamin laki-laki dan 9 anak berjenis kelamin perempuan. Jumlah kematian 5 orang dengan rincian 2 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Demikian Bahan Bakar di Desa Gunelap cenderung menggunakan bahan bakar dari Kayu, jumlah dari KK yang menggunakan bahan bakar kayu yaitu 587 sedangkan yang memakai bahan bakar listrik atau gas cenderung sedikit dengan jumlah 334 KK.

Penduduk Desa Gunelap sudah terbiasa menggunakan Sumber air data Mata Air asli, dengan perolehan 629 KK menggunakan mata air dibandingkan dengan air sungai ataupun perigi. Perolehan sumber air ini lebih sedikit menggunakan Sumur atau pompa dengan jumlah yang lebih sedikit dari pada mata air yaitu sebanyak 292 KK.
Selain itu setiap anggota masyarakat memiliki mata pencarian yang beragam iklim, kesuburan tanah, dan kondisi alam yang merupakan dapat mempengaruhi tingkat keragaman mata pencaharian. Namun secara garis besar sebagian mata pencaharian masyarakat di Desa Gunelap yaitu Petani. 

Sedangkan terkait ;ingkungan hidup di Desa Gunelap masih sangat asri dan subur. Pepohonan masih banyak tumbuh di daerah sekitar. Interaksi antara satu sama lain sangatlah erat  dibandingkan dengan orang-orang kota yang masih banyak terbilang individualis. Ligkungan hidup di desa ini masih sangat alami dan terjaga, tidak banyak terkontaminasi oleh polusi kendaraan karena kendaraan yang ada di desa Gunelap ini masih minim. Hal ini ditunjukkan pada aktivitas warga yang senantiasa menjaga lingkungan sekitar seperti tidak menebang pohon di lingkungan dan menjaga kelestarian alam. 

Terkait Pengolahan lahan dan tata guna lahan Desa Gunelap digunakan untuk kegiatan pertanian, pemukiman, perkebunan dan kegiatan lain seperti sekolah dan sarana lainnya. Adapun penggunaan jumlah penggunaan lahan berdasarkan jenis penggunaan lahan dapat diketahui dari tabel berikut :


Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui bahwa sawah merupakan jenis lahan terbesar di Desa Gunelap, dengan melihat kondisi ini dapat disimpulkan bahwa pertanian memiliki peran penting di Desa Gunelap. Adapun jenis tanaman yang ditanam oleh masyarakat Desa Gunelap meliputi jagung, padi, kacang hijau, sukun, nanas dan yang paling banyak adalah jagung dan padi. 

Selain bercocok tanam masyarakat Gunelap juga memiliki kegiatan lain yaitu beternak. Adapun jenis hewan yang dipelihara oleh masyarakat Gunelap yaitu sapi, kambing, ayam dan itik. Berdasarkan data isian desa diketahui bahwa di Desa Gunelap terdapat 892 ekor sapi, 520 ekor kambing, 1520 ekor ayam kampung, 210 ekor Itik.


0 komentar: