Penyuluhan Budidaya Jagung




Desa Gunelap merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sepulu bagian selatan berdekatan dengan Desa Kelbung, Desa Saplasah, dan Desa Batokorogan. Hasil pertanian paling tinggi di Desa Gunelap adalah jagung. Namun, hasil pertanian di Desa Gunelap kurang laku di pasaran karena memang jenis jagung yang ditanam adalah jenis jagung yang kecil dan keras. Sehingga, hasil pertanian jagung hanya dikonsumsi rumahan. 

Oleh sebab itu, kami mahasiswa KKN 62 Universitas Trunojoyo Madura ingin mengadakan penyuluhan mengenai budi daya jagung dengan tujuan agar warga Desa Gunelap dapat meningkatkan kualitas pertanian. Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 16 Januari 2018 tepatnya di Madrasah Diniyah Nurul Hidayah, Dusun Gunelap Timur. Kami mendatangkan Penyuluh Pertanian dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Bangkalan dan seorang POPT Penyelia dari UPT Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Bapak Sutrisman, S.P.

Para warga, khususnya petani-petani di Dea Gunelap sangat antusias mengikuti acara tersebut. Puluhan masyarakat Dusun Gunelap Timur dan sekitarnya ikut menghadiri acara kami. Salah seorang penggiat pertanian, Bapak Jamin mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wadah untuk berdiskusi dengan Dinas Pertanian secara langsung mengenai kondisi petani dan kelompok tani serta pertanian di Desa Gunelap. Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa Desa Gunelap belum memiliki kelompok tani. Sehingga, dengan adanya kegiatan penyuluhan ini diharapkan dapat terjalin hubungan dan koordinasi antara kelompok tani dan Dinas Pertanian Kecamatan Sepulu.



0 komentar: